Ikut Tur Sekolah ke Australia, 2 Pelajar Jepang Tewas Tenggelam

Queensland – Tragis! Dua pelajar Jepang tewas tenggelam saat mengikuti tur sekolah di sebuah pulau wisata populer di Australia timur.

Operasi pencarian dan penyelamatan dilakukan pada Jumat (29/3) malam waktu setempat di dekat Danau Mackenzie di Pulau Fraser, lepas pantai negara bagian Queensland setelah kedua remaja putra tersebut dilaporkan hilang. Polisi akhirnya menemukan jasad kedua remaja berumur 16 tahun itu di perairan tersebut pada Sabtu (30/3) pagi waktu setempat.

“Ini peristiwa tragis, tak ada keraguan soal itu,” kata Inspektur Kepolisian Tony Clowes kepada para wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (30/3/2019).

Clowes mengatakan, saat ini tak ada yang mengindikasikan adanya hal-hal mencurigakan di balik tenggelamnya kedua pelajar Jepang tersebut. Namun dikatakannya, informasi lebih banyak akan diketahui setelah selesainya laporan koroner.

Clowes menambahkan, publik harus menyadari kemampuan berenang mereka sebelum memasuki perairan Australia. Clowes mengatakan, keluarga kedua remaja putra tersebut telah diberitahukan mengenai peristiwa tragis ini. Otoritas Australia tengah bekerja sama dengan konsulat Jepang untuk memberikan dukungan bagi keluarga pelajar-pelajar tersebut.

Fraser merupakan pulau pasir terbesar di dunia yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Pulau ini terkenal akan pantai-pantainya yang indah, juga dingo-nya, yang merupakan hewan khas Australia.

(ita/ita)