Hubungan Memanas, Rusia Usir 2 Diplomat Swedia

Stockholm – Hubungan Rusia dan Swedia memanas terkait dugaan spionase. Pemerintah Rusia telah mengusir dua diplomat Swedia dari negara itu. Pengusiran itu dilakukan setelah Swedia menolak visa untuk dua warga Rusia.

Kementerian Luar Negeri Swedia menyatakan, pengusiran itu dilakukan Rusia setelah penolakan Swedia untuk memperpanjang visa seorang diplomat Rusia dan menolak aplikasi visa diplomatik untuk warga Rusia lainnya.

“Rusia telah merespons dengan meminta dua diplomat Swedia untuk meninggalkan Rusia, yang mana kami menyesalkan hal tersebut,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Swedia, Sofia Nahringbauer seperti dikutip kantor berita AFP, Kamis (9/5/2019).


Nahringbauer mengatakan bahwa kementerian tidak mau berkomentar soal apakah Swedia akan mengambil tindakan lebih jauh terkait pengusiran diplomatnya.

Sebelumnya pada akhir Februari lalu, otoritas Swedia menangkap seorang konsultan teknologi yang diduga menjadi mata-mata untuk Rusia. Otoritas Swedia saat itu mengatakan bahwa mereka meyakini konsultan tersebut telah direkrut sebagai agen oleh seorang perwira intelijen Rusia yang ditempatkan sebagai diplomat di Swedia.

Otoritas Swedia telah menyelidiki konsultan tersebut selama beberapa waktu dan dia ditangkap secara dramatis saat sedang makan malam di sebuah restoran di Stockholm bersama dengan diplomat Rusia yang diduga sebagai perwira intelijen.

Media lokal melaporkan bahwa polisi juga sempat menahan diplomat Rusia tersebut, namun kemudian dia dibebaskan atas dasar kekebalan diplomatiknya.

Tahun lalu, otoritas Swedia pernah mengingatkan adanya ancaman besar dari para mata-mata asing. “Rusia menjadi ancaman intelijen terbesar bagi Swedia,” kata kepala unit kontra-intelijen kepolisian Swedia, Daniel Stenling saat itu.
(ita/ita)