Gempa M 6,7 Guncang Chile

Gempa M 6,7 Guncang ChileShakemap gempa M 6,7 di Chile (Foto: USGS)

La SerenaGempa bermagnitudo 6,7 mengguncang wilayah pantai utara Chile. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Dilansir dari Reuters, gempa terjadi pada Sabtu (19/1) pukul 22.32 waktu setempat berdasarkan informasi yang diberikan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Pusat gempa berjarak 15,6 kilometer selatan-barat daya Kota Coquimbo.

Seorang saksi melaporkan kepada Reuters bahwa adanya kerusakan kecil pada sejumlah bangunan dan pemadaman listrik di Kota La Serena yang berjarak 400 kilometer dari Ibu Kota Santiago. Namun USGS menyatakan, tidak ada potensi gelombang tsunami akibat gempa.

“Rasanya sangat kuat. Para wisatawan sangat gugup, tetapi tidak ada dampak yang serius terjadi,” kata salah seorang resepsionis sebuah hotel di La Serena, Camila Castillo kepada Reuters.



Sedangkan, seorang penambang dari perusahaan Antofagasta PLC mengatakan operasi pertambangan tetap berlangsung normal menyusul gempa yang terjadi di dekatnya. Sejauh ini, belum ada laporan mengenai korban ataupun dampak kerusakan dari otoritas terkait.

Negara yang berada di kawasan Amerika Selatan ini terletak dalam Cincin Api Pasifik. Negara ini pernah diguncang gempa bermagnitudo 8,8 pada tahun 2010.
(dkp/imk)