Gangguan Mesin, Airbus A330 Cathay Dragon Mendarat Darurat di Taiwan

Taipei – Sebuah pesawat jenis Airbus A330 milik maskapai Cathay Dragon yang terbang ke Hong Kong terpaksa melakukan pendaratan darurat di Taiwan. Penyebabnya, pesawat mengalami ‘masalah teknis’ pada salah satu mesinnya.

Cathay Dragon yang berkantor di Hong Kong ini merupakan anak perusahaan Cathay Pacific. Cathay Dragon yang merupakan maskapai regional ini sebelumnya diketahui bernama Dragonair.

Dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Senin (8/4/2019), pihak Cathay Pacific menyatakan bahwa pesawat Cathay Dragon dengan nomor penerbangan KA451 terpaksa melakukan pendaratan darurat pada Senin (8/4) waktu setempat. Pesawat itu lepas landas dari Kaohsiung, Taiwan dan terbang menuju Hong Kong.

Disebutkan bahwa pesawat Cathay Dragon itu terpaksa melakukan ‘air return‘ atau terbang kembali ke Kaohsiung dan telah mendarat dengan selamat di kota yang ada di Taiwan bagian selatan itu. Namun pihak Cathay Pacific tidak menyebut lebih lanjut soal penyebab pesawat itu mendarat darurat.

Secara terpisah, seorang pejabat Otoritas Penerbangan Sipil Taiwan (CAA) menuturkan kepada AFP bahwa pendaratan darurat disebabkan oleh ‘kegagalan teknis pada salah satu mesin’. CAA juga menyangkal laporan-laporan media yang menyebut pesawat itu ditabrak seekor burung saat mengudara.

Pejabat CAA yang enggan disebut namanya itu menambahkan bahwa penyelidikan secara menyeluruh sedang dilakukan terhadap insiden tersebut.

Laporan lebih detail disampaikan surat kabar lokal, Apple Daily, yang mengutip sejumlah pejabat otoritas penerbangan setempat yang menyebut mesin bagian kanan pada pesawat itu mengeluarkan asap saat proses lepas landas berlangsung. Sejumlah warga setempat dilaporkan mendengar suara ledakan di udara.

Ditambahkan Cathay Pacific dalam pernyataannya bahwa pesawat yang mengalami insiden itu merupakan jenis Airbus A330 dan pengaturan sedang dilakukan agar para penumpang bisa melanjutkan penerbangan dengan pesawat lainnya.

(nvc/ita)