Empat Tentara Burkina Faso Tewas Diserang Kelompok Bersenjata

Ouagadougou – Sekelompok bersenjata menyerang pangkalan militer di wilayah Nassoumbou, Burkina Faso. Akibat serangan itu, empat orang tentara Burkina Faso telah tewas.

Dilansir AFP, Selasa (29/1/2019), kelompok bersenjata menyerang saat malam hari. Lokasi pangakalan militer perbatasan dengan Mali. Mereka menyerang pangkalan militer tersebut dengan roket.

“Orang-orang bersenjata yang tidak dikenal menyerang pangkalan militer GFSN di Nassoumbou sekitar pukul 04:00 pagi waktu setempat. Empat anggota pasukan pertahanan dan keamanan tewas dan empat lainnya terluka,” kata satu sumber keamanan kepada AFP.

GFSN adalah pasukan militer yang terlibat dalam operasi anti-teror di wilayah utara Burkina Faso. Kelompok bersenjata melarikan diri mengarah perbatasan Mali dengan menaiki sepeda motor.

“Para penyerang … tiba dengan sepeda motor dan juga menembakkan roket ke pangkalan itu. Mereka melarikan diri ke perbatasan Mali, yang berjarak 30 kilometer (18 mil) dari tempat pangkalan,” ucap sumber keamanan.

Tentara Burkina Faso segera meminta bantuan dari Barkhane, pasukan anti-jihad wilayah Prancis. Bantuan berupa jet tempur dan helikopter.

Sumber keamanan Burkina Faso mengatakan pasukan bantuan mereka sedang mengejar sejumlah penyerang pangkalan tersebut.

Pangkalan Nassoumbou telah menjadi target beberapa kali kelompok bersenjata. Ketika bulan Desember 2016, kelompok itu membunuh sekitar 12 orang tentara.

(fai/rvk)