Duterte dan Sederet Kontroversinya

Jakarta – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, lagi-lagi bikin pernyataan kontroversial. Kali ini, Duterte mengklaim dirinya pernah menjadi gay lalu ‘sembuh’ berkat wanita cantik.

Dilansir dari AFP, Selasa (4/6/2019), pernyataan itu disampaikan Duterte saat tampil di hadapan komunitas Filipina di Tokyo, Jepang, minggu lalu. Selama pidatonya, Duterte mengatakan salah satu kritikusnya yang terkenal, Senator Antonio Trillanes, adalah gay.

“Trillanes dan aku mirip. Tapi aku menyembuhkan diriku sendiri,” katanya.

“Jadi wanita cantik menyembuhkanku,” ucap Duterte merujuk pada mantan istrinya.

Sebelum ucapan ini, Duterte kerap bersentuhan dengan kontroversi. Mulai dari menerapkan kebijakan tembak mati para penjahat narkoba hingga yang terbaru saat dia menyatakan akan mundur jika ada yang bisa membuktikan Tuhan itu memang ada.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber yang dikutip detikcom, Sabtu (7/7/2018), sosok Duterte sejak lama dikenal blak-blakan dan kasar. Meskipun sebagai pemimpin, dia dikenal tegas dan keras, namun tak sedikit komentarnya menuai kritik karena dianggap provokatif dan kontroversial.

Duterte pernah menjabat sebagai Wali Kota Davao selama tujuh periode sejak tahun 1988 sebelum menjabat Presiden Filipina tahun 2016. Berikut sejumlah kontroversinya: