Duh! Ingin ke Toilet, Penumpang Pesawat Keliru Buka Pintu Darurat

London – Seorang penumpang maskapai Pakistan International Airlines (PIA) salah membuka membuka pintu darurat pesawat saat mencari toilet. Untungnya, insiden ini terjadi saat pesawat dengan rute Inggris-Pakistan ini masih berada di landasan.

Seperti dilansir CNN, Senin (10/6/2019), insiden ini terjadi pada pesawat PIA dengan nomor penerbangan 702 yang dijadwalkan terbang dari Manchester, Inggris menuju Islamabad, Pakistan pada Jumat (7/6) lalu. Saat insiden terjadi, pesawat masih berada di Bandara Manchester, Inggris.

Dituturkan juru bicara maskapai PIA kepada CNN bahwa seorang penumpang yang tidak disebut namanya itu, telah membuka pintu keluar darurat yang dikira sebagai pintu toilet. Ditegaskan maskapai PIA bahwa 40 penumpang yang ada di dalam pesawat, dalam kondisi selamat setelah insiden terjadi.


Namun, sebut maskapai PIA, insiden ini memicu penundaan penerbangan sangat parah, yakni selama tujuh jam.
PIA menyatakan seluruh penumpang diturunkan dari pesawat usai insiden itu terjadi, karena ‘seluncuran darurat mengembang secara otomatis’.

Pihak Bandara Manchester menolak untuk mengomentari insiden ini.

Insiden serupa pernah terjadi Mei lalu di sebuah penerbangan di Provinsi Shandong, China. Saat itu, seorang penumpang lanjut usia (lansia) berupaya membuka salah satu pintu keluar darurat di sebelah kursinya, sesaat setelah pesawat mendarat.

Hal itu dilakukan penumpang itu karena tidak ingin mengantre panjang untuk keluar pesawat. Akibat aksinya, penumpang lansia bermarga Song ini ditahan.

Pada Februari 2018, salah satu pintu darurat dari pesawat maskapai Dana Airlines terjatuh dari udara dan ‘mendarat’ di wilayah Abuja, Nigeria. Pintu darurat itu dilaporkan terjatuh saat pesawat melakukan pendaratan di Abuja usai terbang dari Lagos, yang juga ada di wilayah Nigeria.

(nvc/ita)