Dua Tentara Amerika Serikat Tewas di Afghanistan

Kabul – Dua tentara Amerika Serikat tewas di Afghanistan. Keduanya tewas saat tengah melakukan sebuah operasi di negara tersebut.

Kematian dua tentara AS pada Jumat (22/3) tersebut disampaikan oleh NATO seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (22/3/2019).

Pihak NATO tidak memberikan keterangan lebih detail mengenai kedua tentara AS tersebut. Hanya disebutkan bahwa keduanya tewas dalam sebuah operasi di Afghanistan. Tidak disebutkan lebih detail mengenai operasi yang dimaksud.


“Sesuai kebijakan Departemen Pertahanan AS, nama-nama anggota militer yang tewas dalam aksi tersebut ditahan hingga 24 jam setelah pemberitahuan kepada keluarga terdekat selesai,” demikian disampaikan NATO.

Kematian dua tentara AS itu terjadi setelah setidaknya enam orang tewas akibat ledakan-ledakan saat perayaan Tahun Baru Persia di sebuah kawasan Syiah di Kabul, ibu kota Afghanistan. Kelompok ISIS mengklaim serangan-serangan itu.

Jumlah tentara AS yang tewas di Afghanistan telah turun drastis sejak akhir tahun 2014 ketika pasukan Afghanistan mengambil alih dari pasukan tempur NATO pimpinan AS untuk mengamankan negeri itu.

Washington terus berupaya untuk menghentikan perang dengan kelompok militan Taliban di Afghanistan yang telah berlangsung hampir 18 tahun. Namun pertempuran-pertempuran terus terjadi di sejumlah wilayah di Afghanistan, lebih dari sepekan setelah putaran terbaru perundingan antara pemerintah AS dan Taliban berakhir di Doha, Qatar.

(ita/ita)