Dituduh Bunuh Jurnalis, Guru Spiritual di India Terancam Hukuman Mati

New Delhi – Pengadilan India mengadili pemimpin sekte Dera Sacha Sauda, Gurmeet Ram Rahim Singh, yang dituduh terlibat kasus pembunuhan seorang jurnalis. Guru spiritual dengan jutaan pengikut di seluruh dunia itu kini terancam hukuman mati.

Seperti dilansir AFP, Jumat (11/1/2019) persidangan itu dilakukan di dalam sel tahanan dan disiarkan lewat video. Rahim Singh sendiri tengah menjalani masa hukuman selama 20 tahun karena kasus pelecehan seksual.

Jaksa Penuntut Umum H.P.S. Verma mengatakan tuntutan dibacakan pada hari Kamis. Hukuman maksimal yang bisa diterima oleh Rahim Singh adalah hukuman mati.

Pembunuhan terhadap wartawan Chander Chhatrapati itu dilakukan Rahim Singh bersama 3 pembantunya pada 2002. Wartawan tersebut dibunuh karena pemberitaan pelecehan seksual yang dilakukan Rahim Singh terhadap para pengikutnya.


Rahim Signh sendiri divonis bersalah atas kasus pelecehan seksual pada 2017. Para pengikutnya mengamuk dan menewaskan hampir 40 orang karena tidak terima atas hukuman yang diterima pemimpin mereka saat itu.

Pada 2015 Rahim Singh juga diadili di meja hijau. Dia dinyatakan bersalah karena mengebiri 400 pengikutnya. Pengadilan menyebut para pengikut itu dijanjikan keuntungan spiritual namun dia membela diri bahwa kebiri itu dilakukan untuk melindungi para pengikut perempuan.

Dia juga dituntut atas kasus pembunuhan mantan manajernya. Rahim Singh disebut menghabisi nyawa manajernya sendiri karena diancam kesalahan pemimpin sekte itu akan diungkap.
(abw/haf)