Diplomat Vatikan Dituduh Lakukan Pelecehan Seks Pria di Kanada

VatikanDiplomat Vatikan, Luigi Ventura kembali menghadapi tuduhan pelecehan seksual di Kanada. Uskup berumur 74 tahun itu dituduh melakukan pelecehan seks pada seorang pria.

Ventura saat ini menjabat sebagai Duta Besar Vatikan untuk Prancis. Sebelum tuduhan baru ini mencuat, Ventura juga telah dituduh berbuat tak senonoh pada seorang pejabat di kantor wali kota Paris, Prancis.

Ventura pernah menjadi Dubes Vatikan untuk Kanada pada tahun 2001 hingga 2009. Dia kini menghadapi tuduhan pelecehan seks yang diajukan di Ottawa, Kanada. Tuduhan itu juga telah dilaporkan ke para pejabat di Kota Vatikan. Demikian disampaikan Kedutaan Vatikan di Ottawa seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (1/3/2019).


Menurut situs Kanada, Presence yang khusus memberitakan berita-berita keagamaan, Ventura meraba seorang pria pada tahun 2008 di Sainte-Anne-de-Beaupre, provinsi Quebec. Situs ini adalah media pertama yang melaporkan tuduhan terhadap Ventura ini.

Dilaporkan Presence, korban yang ketika berumur 32 tahun, sedang membantu melayani Ventura selama jamuan untuk Festival Sainte Anne. Pria itu mengatakan bahwa Ventura menyentuh bokongnya setidaknya dua kali. Pria yang tidak disebut namanya itu mengajukan laporan pekan lalu di Kedutaan Vatikan di Ottawa setelah mengetahui adanya tuduhan serupa terhadap Ventura di Prancis.

Tuduhan terbaru ini tentunya menjadi berita yang tidak diinginkan bagi Gereja Katolik Roma, yang tengah menghadapi berbagai skandal kejahatan seks para pastor dan uskup.

Baru-baru ini, Paus Fransiskus berjanji bahwa pihak gereja tak akan lagi mengabaikan tuduhan-tuduhan kejahatan seks. Paus juga telah mencopot dua kardinal terkemuka dari lingkaran dalamnya, akhir tahun lalu setelah mereka terseret skandal kejahatan seks terhadap anak-anak.
Uskup Italia berusia 74 tahun itu melayani sebagai utusan ke Kanada dari tahun 2001 hingga 2009.

(ita/ita)