Diduga Rencanakan Serangan Sangat Kejam, 4 Orang Ditangkap di Prancis

ParisEmpat orang termasuk seorang remaja ditangkap di Prancis karena diduga merencanakan serangan terhadap aparat keamanan dalam beberapa hari mendatang. Serangan itu disebut-sebut sangat kejam.

“Empat orang ditahan atas rencana melakukan serangan teror yang sangat kejam,” kata Menteri Dalam Negeri Prancis Christophe Castaner kepada para wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (30/4/2019).

Keempat orang itu ditangkap pada Jumat (26/4) waktu setempat sebagai bagian dari penyelidikan atas konspirasi teroris. Belum ada detail mengenai rencana serangan tersebut.


Tidak disebutkan mengenai identitas tiga orang dewasa dan seorang remaja yang ditangkap itu. Kantor penuntut umum Paris menyatakan, salah seorang tersangka adalah remaja yang menjalani hukuman percobaan di sebuah fasilitas pendidikan setelah divonis karena mencoba pergi ke Suriah.

Prancis hingga saat ini terus dalam keadaan siaga tinggi sejak rangkaian serangan teroris ISIS terjadi pada tahun 2015 lalu yang menewaskan lebih dari 250 orang. Kelompok ISIS menyerukan para pengikutnya untuk menyerang para tentara dan polisi di Prancis.

Meski tumbangnya “kekhalifahan” ISIS di Irak dan Suriah bulan lalu, ancaman-ancaman serangan baru yang terinspirasi kelompok tersebut tetap tinggi.

Pada akhir Maret lalu, dua pria, yang salah satunya mengalami masalah kejiwaan, didakwa di Paris atas dugaan merencanakan serangan terhadap sebuah sekolah atau seorang polisi.
(ita/ita)