CCTV Penampakan Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja Sri Lanka Saat Paskah

Colombo – Rekaman CCTV menunjukkan bagaimana tenangnya seorang tersangka pelaku bom bunuh diri berjalan memasuki sebuah gereja di Sri Lanka sebelum meledakkan dirinya pada Minggu (21/4) lalu.

Dalam rekaman CCTV tersebut seperti dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (24/4/2019), terlihat seorang pria yang membawa tas ransel besar berjalan dengan tenang menuju Gereja St Sebastian di Negombo yang tengah menggelar misa perayaan Hari Paskah. Dalam rekaman terlihat bahwa pria tersebut berjalan agak membungkuk karena menahan bobot tas ransel besar yang dibawanya.

pelaku bom bunuh diri saat berjalan menuju gereja St Sebastian (Foto: BBC)


Pria berjenggot tersebut sempat menepuk kepala dan bahu seorang anak perempuan sebelum dia masuk ke gereja yang dipenuhi ratusan jemaat.

Anak perempuan tersebut adalah cucu dari Dilip Fernando, seorang pensiunan berumur 66 tahun yang datang untuk mengikuti misa di St Sebastian. Namun melihat ramainya jemaat di gereja tersebut, Fernando memutuskan untuk mengikuti misa di gereja lain. Keputusan itu membuatnya lolos dari serangan bom tersebut. Begitu pula dengan sang cucu dan keluarganya yang lain yang selamat karena berada di luar gedung gereja saat bom meledak.

“Di akhir misa, mereka melihat seorang pria muda masuk ke dalam gereja dengan tas yang berat,” tutur Fernando. “Dia menyentuh kepala cucu perempuan saya saat melewatinya. Itu si pengebom,” imbuhnya.

Dalam rekaman CCTV terlihat tersangka pelaku berjalan melewati dua pintu terbuka yang menghubungkan gereja dengan lorong tertutup di luar, dan memasuki gereja melalui pintu ketiga. Dia kemudian berjalan menuju lorong tengah dan altar. Setelah itu rekaman terhenti. Ledakan bom menewaskan lebih dari 100 orang di gereja tersebut.

Secara keseluruhan, sejauh ini jumlah korban jiwa akibat rentetan ledakan bom di Hari Paskah pada Minggu (21/4) tersebut mencapai 359 orang. Sekitar 500 orang lainnya luka–luka dalam rentetan ledakan bom yang mengguncang gereja-gereja dan hotel-hotel mewah di waktu nyaris bersamaan tersebut.

(ita/ita)