Bus Pariwisata di Mesir Dibom, 12 Turis Asing Terluka

Kairo – Sebuah bus pariwisata di Mesir menjadi sasaran teror bom. Setidaknya 16 orang terluka akibat kejadian itu.

Dilansir Reuters, Senin (20/5/2019), 16 orang tersebut terdiri dari 12 turis asing yang merupakan penumpang bus dan 4 warga mesir yang berada di mobil yang tak jauh dari bus.

Teror tersebut terjadi di dekat museum baru yang dibangun di dekat Piramid Giza di Mesir pada Minggu (19/5). Bus berisi wisatawan asing itu tengah mengangkut 25 penumpang asal Afrika Selatan dari bandara ke area piramid.

Tak ada laporan mengenai korban tewas. Seorang saksi mata, Mohamed El-Mandouh, mengatakan Reuters bahwa ia mendengar “suara ledakan yang sangat keras” saat ia duduk di dalam kendaraan di dekat lokasi ledakan.

Gambar yang disiarkan di media sosial memperlihatkan satu bus dengan sebagian kaca jendelanya pecah atau retak, dan puing di jalan di dekat satu tembok bangunan yang terdapat lubang.

Bus Pariwisata di Mesir Dibom, 12 Turis Asing TerlukaFoto: REUTERS/Sayed Sheasha

Sumber-sumber keamanan dan peradilan mengatakan, sebuah alat yang belum sempurna yang berisi paku dan potongan logam telah diledakkan dari jarak jauh di sekeliling Museum Grand Mesir, tidak jauh dari lokasi ledakan di tepi jalan yang menabrak bus wisata lain pada bulan Desember.

Seperti diketahui, pada Desember, tiga wisatawan Vietnam dan seorang pemandu wisata yang berkebangsaan Mesir dan tak kurang dari 10 orang lagi cedera. Mereka menjadi korban ledakan bom pinggir jalan yan meledak di dekat bus mereka kurang dari empat kilometer dari Piramid Giza.
(mae/azr)