Bus Karyawan Jatuh ke Saluran Air Dekat KLIA, 11 Orang Tewas

Kuala Lumpur – Sebuah bus karyawan jatuh dan terjun ke dalam saluran air yang ada di sepanjang ruas jalan dekat terminal kargo Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) di Malaysia. Tragis, sedikitnya 11 orang tewas dalam kecelakaan ini.

Seperti dilaporkan kantor berita Bernama dan dilansir Channel News Asia, Senin (8/4/2019), kecelakaan ini terjadi di dekat area MASKargo di Sepang, pada Minggu (7/4) malam sekitar pukul 23.10 waktu setempat.

Bus karyawan itu, sebut Bernama, jatuh hingga ke kedalaman 10 meter pada saluran air yang khusus digunakan saat musim penghujan, yang secara total memiliki kedalaman hingga 20 meter.

Kepala Kepolisian Distrik KLIA, Zulkifli Adamshah, menyebut sembilan orang yang terdiri dari delapan pekerja dan sopir bus, tewas seketika di lokasi kejadian. Satu orang lainnya yang berjenis kelamin perempuan, meninggal dunia saat sedang menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Serdang.

Laporan Bernama menyebut 10 pekerja yang tewas merupakan warga negara asing. Namun asal kewarganegaraan mereka tidak disebut lebih lanjut. Adapun sopir bus merupakan warga Malaysia.

Disebutkan lebih lanjut bahwa bus karyawan itu sedang membawa 43 orang saat kecelakaan terjadi. Mereka disebut sebagai para karyawan kontrak MASKargo.

Saat kecelakaan terjadi, bus ini sedang membawa para karyawan dari hostel mereka di Nilai, Negeri Sembilan menuju ke tempat kerja mereka.

Ditambahkan Zulkifli bahwa para korban luka dibawa ke sejumlah rumah sakit, seperti Rumah Sakit Serdang, Rumah Sakit Putrajaya, Rumah Sakit Banting dan Rumah Sakit Kajang, untuk menjalani perawatan medis lebih lanjut.

Penyebab kecelakaan ini masih diselidiki lebih lanjut oleh kepolisian setempat.

Dilaporkan media lokal The Star bahwa para personel Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamat membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mencapai lokasi korban. Beberapa bagian bus terpaksa dipotong untuk mempermudah evakuasi para korban.

(nvc/ita)