Bom Meledak di Pakistan, 4 Tentara Tewas

WaziristanPakistan masih bergejolak. Terbaru, sebuah ledakan bom pinggir jalan atau roadside bomb kembali terjadi di Waziristan Utara pada Jumat (7/6). Empat tentara dilaporkan tewas dan empat lainnya luka-luka.

Dilansir Reuters, Sabtu (8/6/2019), pejabat keamanan mengatakan bom ditanam di jalan di Khar Qamar. Daerah tersebut merupakan area di mana pasukan keamanan baru-baru ini melakukan operasi pencarian menyusul serangan bom pinggir jalan yang terjadi sebelumnya.

Militan Taliban Pakistan, yang terpisah dari Taliban Afganistan, mengklaim bertanggungjawab atas serangan tersebut. Klaim tersebut disampaikan oleh Mohammad Khurasani, juru bicara gerakan itu, yang banyak di antara anggotanya berpangkalan di seberang perbatasan di Afghanistan.

Sebelumnya, pasukan Pakistan telah melakukan serangkaian operasi terhadap kelompok-kelompok militan termasuk Taliban Pakistan di Waziristan Utara selama beberapa tahun terakhir, meskipun para pejabat mengklaim bahwa daerah itu sebagian besar telah ditenangkan. Namun, sayangnya masalah terus berlanjut hingga sekarang.

Pejabat keamanan mengatakan setidaknya 10 tentara tewas dan 35 lainnya luka-luka selama sebulan terakhir di daerah Khar Qamar, yang juga mengalami peningkatan ketegangan dengan aktivis etnis Pashtun setempat dari Gerakan Pashtun Tahafuz (PTM).

Namun, tidak ada indikasi keterkaitan antara insiden yang terjadi pada Jumat kemarin dengan bentrokan baru-baru ini antara pasukan keamanan dan aktivis PTM, di mana setidaknya 13 anggota suku setempat telah terbunuh dan sekitar 30 lainnya terluka.

(mae/zak)