Bangun Lab Narkoba Bak ‘Breaking Bad’, Eks Guru Kimia di Rusia Dibui 11 Tahun

Moskow – Seorang mantan guru kimia di Rusia diadili karena mengelola laboratorium yang memproduksi narkotika dalam jumlah besar di loteng rumahnya. Mantan guru kimia ini dijatuhi vonis 11 tahun penjara oleh pengadilan setempat.

Seperti dilaporkan kantor berita TASS News Agency dan dilansir AFP, Selasa (5/3/2019), pria berusia 52 tahun ini disebut memiliki gelar Sarjana Kimia dan pernah bekerja sebagai guru sekolah menengah. Identitasnya tidak diungkap oleh otoritas setempat, namun media lokal mengidentifikasinya sebagai Eduard Prokopyev.

Laporan TASS News Agency menyebut Prokopyev dinyatakan bersalah telah memproduksi dan menjual narkoba sintetis dalam jumlah besar. Narkoba sintetis diketahui dibuat dengan bahan kimia buatan manusia, bukannya bahan alami.


Narkoba-narkoba itu diproduksi di dalam sebuah laboratorium yang dibangun Prokopyev di loteng rumahnya. Dalam persidangan yang digelar di Siberia pada Senin (4/3) waktu setempat, Prokopyev dijatuhi vonis 11 tahun penjara.

Kasus ini mengingatkan pada serial televisi ternama Amerika berjudul ‘Breaking Bad’ yang mengisahkan seorang guru kimia di sekolah menengah yang memakai keahliannya untuk memproduksi methamphetamine kristal yang sangat murni.

Diungkapkan dalam persidangan bahwa Prokopyev juga terlatih sebagai seorang teknisi laboratorium. Dia diketahui membangun sendiri fasilitas produksi narkoba sintetis itu di loteng sebuah pondok di luar kota. Dia membeli perlengkapan dan bahan-bahan kimia secara online.

Laboratorium itu digunakan selama setahun sebelum terendus oleh dinas keamanan Rusia, FSB. Dari laboratorium itu, FSB menyita narkoba siap jual seberat 20 kilogram dan berbagai bahan baku untuk memproduksi narkoba sintetis dua kali lipat dari jumlah yang disita.

Tayangan video yang dirilis FSB menunjukkan bagian loteng yang menjadi laboratorium itu dipenuhi tabung, monitor elektronik dan botol-botol serta banyak kotak dan kontainer berisi bahan kimia.

Dilaporkan tabloid lokal Komsomolskaya Pravda bahwa narkoba sintetis yang diproduksi Prokopyev itu didistribusikan kepada klien-kliennya melalui sebuah sistem tempat-tempat tersembunyi yang rumit.

(nvc/rna)