Balas Trump, Iran Sebut AS Sebagai Negara Sponsor Teroris

Teheran – Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran membalas pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang akan memasukkan pasukan Garda Revolusi Iran sebagai organisasi teroris internasional. Menurut dia, AS adalah ‘negara sponsor teroris’.

Dilansir dari AFP, Selasa (9/4/2019), Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran mengecam pemerintah AS yang mengumumkan pernyataan tersebut. Pasukan AS yang berada di Komando Pusat Amerika atau CENTCOM disebut pihak Iran sebagai ‘kelompok-kelompok teroris’.

“Bahwa mereka menganggap rezim Amerika Serikat sebagai ‘sponsor negara terorisme’ dan ‘Komando Pusat Amerika, yang dikenal sebagai CENTCOM’ dan semua pasukan yang terkait dengannya ‘kelompok teroris’,” kata pernyataan itu.

Komando Pusat Amerika berada di zona perang negara konflik yaitu Afghanistan, Irak, Suriah, Yaman, dan Teluk.

Sebelumnya, Donald Trump mengatakan Iran bukan hanya negara sponsor negara teroris, tapi pasukan Garda Revolusi Iran secara aktif berpatisipasi keuangan, dan mempromosikan terorisme sebagai alat kenegaraan.

“IRGC adalah sarana utama pemerintah Iran untuk mengarahkan dan melaksanakan kampanye teroris globalnya,” kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Langkah ini diambil Trump untuk menarik Amerika Serikat dari kesepakatan multilateral dengan Iran serta menerapkan kembali sanksi-sanksi yang dulunya melumpuhkan perekonomian Iran atas program nuklir.

(fai/haf)