Arab Saudi Hancurkan 5 Drone Houthi yang Menyerang Bandara Abha

Riyadh – Pasukan keamanan Arab Saudi mengklaim berhasil mencegat dan menghancurkan lima drone yang diterbangkan dari Yaman ke wilayahnya. Drone tersebut diyakini dikirimkan oleh pemberontak Houthi yang kini menguasai wilayah strategis Yaman.

Seperti dilansir AFP, Jumat (14/6/2019), serangan drone ini merupakan serangan kedua terhadap Bandara Abha dalam sepekan terakhir.

Serangan pertama terjadi pada Rabu (12/6) lalu, di mana serangan rudal Houthi mengenai bagian terminal kedatangan Bandara Abha, yang berjarak 200 kilometer dari perbatasan Yaman-Saudi. Serangan itu melukai 26 orang. Bandara Abha diketahui melayani penerbangan rute domestik dan regional.


Serangan kedua dengan drone dilaporkan terjadi pada Jumat (14/6) dan berhasil dijatuhkan oleh Saudi. Serangan-serangan dari Yaman diketahui semakin meningkat setelah Saudi memimpin koalisi militer yang bertempur melawan Houthi dalam konflik Yaman.

“Kekuatan pertahanan udara dan Angkatan Udara Kerajaan Saudi dengan sukses mencegat dan menghancurkan lima pesawat drone tak berawak yang diluncurkan oleh milisi Houthi ke Bandara Internasional Abha dan Khamis Mushait,” demikian pernyataan koalisi pimpinan Saudi seperti dikutip Saudi Press Agency (SPA).

Khamis Mushait merupakan sebuah kota yang terletak dekat dengan Bandara Abha dan menjadi lokasi pangkalan udara Saudi.

Ditegaskan koalisi pimpinan Saudi bahwa Bandara Abha beroperasi normal tanpa ada gangguan operasional penerbangan, setelah lima drone dihancurkan.

Dalam laporan terpisah, Al-Masirah TV yang dikelola Houthi sebelumnya melaporkan bahwa kelompok pemberontak yang didukung Iran, musuh Saudi itu, melancarkan serangan drone ke Bandara Abha.

(nvc/ita)