Angin Pusar Terbangkan Wahana Bermain di China, 2 Anak Tewas

Beijing – Dua anak di China tewas setelah ‘dust devil‘ atau angin pusar menerbangkan balon wahana bermain mereka ke udara. Sekitar 20 orang lainnya mengalami luka-luka dalam insiden yang sama.

Seperti dilansir CNN, Selasa (2/4/2019), laporan media nasional China menyebut insiden ini terjadi di sebuah ‘tempat indah’ yang ada di Provinsi Henan pada Minggu (31/3) sore sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Angin pusar menerbangkan balon wahana bermain anak di ChinaAngin pusar menerbangkan balon wahana bermain anak di China Foto: CNN

Insiden tragis ini terekam kamera dan videonya menyebar luas di media sosial China. Video itu menunjukkan sebuah wahana bermain yang berukuran besar dan penuh warna terangkat cukup tinggi ke udara saat pusaran angin muncul di area tersebut. Sejumlah kios yang ada di sekitar wahana bermain itu juga roboh akibat angin pusar tersebut.


Ada anak-anak yang sedang bermain di wahana itu saat insiden ini terjadi. Salah satu orangtua, seperti dilaporkan media lokal dan dilansir BBC, mengaku dirinya melihat anak-anak terjatuh dari ketinggian 20 meter.
Dilaporkan satu anak mengalami luka serius dan 17 anak lainnya juga dua orang dewasa mengalami luka ringan dalam insiden ini.

Pejabat pemerintah daerah setempat menuturkan kepada South China Morning Post (SCMP) bahwa masih belum jelas apakah ‘faktor manusia’ turut berperan dalam insiden ini. Dalam pernyataannya, otoritas setempat menyatakan perawatan dan konseling psikologi akan diberikan kepada para korban beserta keluarga mereka.

Angin pusar menerbangkan balon wahana bermain anak di ChinaAngin pusar menerbangkan balon wahana bermain anak di China Foto: CNN

Kepala prakirawan cuaca pada Observatorium Meteorologi Provinsi Henan, Zhang Xia, menyebut pusaran angin yang menerbangkan wahana bermain itu merupakan ‘dust devil’ atau disebut juga sebagai angin pusar.

Diketahui bahwa angin pusar terbentuk saat udara panas naik dengan cepat menembus udara yang lebih dingin, sehingga memicu pusaran air seperti corong. Angin pusar lebih mungkin terbentuk di dataran yang rata, yang memiliki suhu udara hangat dan saat ada angin tipis atau tidak ada hembusan angin sama sekali.

Ditambahkan Zhang bahwa angin pusar yang muncul di Henan itu memiliki diameter 10 meter dan bertahan selama 3-4 menit.

(nvc/dhn)