Aneh, Perampok di China Kembalikan Uang yang Dirampas dari Korban

Beijing – Aneh dan tak biasa, seorang perampok di China mengembalikan lagi uang yang dirampas dari korbannya. Kok bisa?

Seperti dilaporkan media lokal, Nanyang Siang Pau dan dilansir The Star, Rabu (13/3/2019), insiden ini terjadi di salah satu ATM di kota Heyuan, Provinsi Guangdong.

Korban yang disebut bermarga Li menuturkan, bahwa awalnya seorang pria tak dikenal berperilaku mencurigakan dan mondar-mandir di luar sebuah bank setempat. Saat itu, Li yang sendirian baru saja mengambil uang tunai dari ATM setempat.


Pria itu kemudian menodong Li dengan sebilah pisau dan memintanya menyerahkan uang yang dibawanya. Li menyerahkan semua uang yang dibawanya, yakni sebesar 2.500 Yuan atau setara Rp 5,3 juta.
Pria itu, sebut Li, kemudian meminta lebih banyak uang darinya. Namun setelah melihat melalui mesin ATM bahwa tidak ada sisa uang di tabungan Li, pria itu mengurungkan niatnya.

Malahan pria itu tiba-tiba mengembalikan semua uang tunai yang baru saja dirampasnya dari Li. Setelah itu, pria yang tak disebut identitasnya itu pergi meninggalkan lokasi kejadian. Laporan media-media lokal China bahkan melaporkan, berdasarkan rekaman CCTV yang beredar, pria itu tersenyum saat meninggalkan lokasi.

Media-media lokal menyebut si perampok mengembalikan uang yang dirampoknya karena kasihan pada Li.

Kepolisian setempat telah menahan si perampok itu untuk penyelidikan lebih lanjut, meskipun dia telah mengembalikan uang yang dirampoknya.

Insiden ini memicu komentar bernada sindiran dari pengguna media sosial setempat. “Telah terbukti bahkan seorang perampok pun akan memandang rendah Anda jika Anda miskin,” tulis seorang netizen China dalam komentarnya.

(nvc/ita)