Aktor Singapura Jadi Orang ke-8 yang Tewas Saat Wajib Militer

SingapuraAktor terkenal Singapura, Aloysius Pang meninggal dunia saat menjalani wajib militer (wamil) di Selandia Baru. Pang mengalami kecelakaan pekan lalu di kawasan Waiouru, Pulau Utara Selandia Baru.

Insiden ini terjadi 19 Januari lalu, saat Aloysius Pang ditugaskan memperbaiki sebuah gun barrel yang rusak pada sebuah tank bernama Singapore Self-Propelled Howitzer (SSPH). Saat Pang bersama seorang teknisi lainnya dan seorang komandan detasemen persenjataan sedang berada di dalam kabin artileri howitzer, bagian gun barrel diturunkan ke posisi standby. Dalam posisi tersebut, seharusnya mereka segera keluar dari kabin karena ruang geraknya berkurang.

“Tampaknya dari temuan awal bahwa Aloysius tidak mampu keluar saat gun barrel diturunkan. Dia terjepit di antara ujung gun barrel dan interior SSPH dan dia menderita luka akibat himpitan sebagai dampaknya,” ujar Panglima Militer Singapura, Mayor Jenderal Goh Si Hou, dalam pernyataannya.


Dua personel lainnya yang melakukan misi perbaikan bersama Pang, tidak mengalami luka-luka sedikitpun.

Aktor Pang bukan satu-satunya warga Singapura yang meninggal saat mengikuti wamil. Hanya dalam kurun waktu 1,5 tahun terakhir, setidaknya delapan warga Singapura telah meninggal saat menjalani wamil. Setidaknya lima orang di antaranya meninggal karena kecelakaan saat latihan. Tak ada satupun dari delapan pemuda Singapura itu yang meninggal di medan tempur.

Seperti dilansir media The Independent Singapore, Jumat (25/1/2019), berikut ini daftar delapan warga Singapura yang meninggal saat menjalankan wamil.

– Pada 15 September 2017: Gavin Chan (21) meninggal dalam latihan militer setelah tank Bionix yang dibawanya terbalik di sebuah pematang yang terjal di Area Latihan Shoalwater Bay di Australia.

– Pada 30 April 2018 : Peserta wamil, Dave Lee (19) meninggal setelah dirawat di rumah sakit karena mengalami serangan panas yang parah saat pawai cepat sejauh 8 kilometer.

– Pada 13 Mei 2018: Kok Yuen Chin (22) meninggal dalam sebuah insiden.

– Pada 28 Juli 2018: Seorang personel reguler Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) ditemukan tewas tergantung pada sebuah tali di Kamp Nee Soon.

– Pada 9 September 2018: Seorang personel tentara nasional full-time (NSF) berumur 23 tahun tewas sepekan setelah dia ditemukan dengan luka tembakan di bagian kepalanya.

– Pada 28 September 2018: Seorang personel NSF ditemukan tewas tergantung pada sebuah tali di kantornya di Pangkalan Udara Sembawang.

– Pada 3 November 2018: Peserta wamil Liu Kai (22) tewas ketika sebuah kendaraan tempur infantri lapis baja berjalan mundur menabrak kendaraan jeep-nya di kawasan pelatihan Jalan Murai.

– Pada 23 Januari 2019: Peserta wamil, Aloysius Pang (28) meninggal akibat luka-lukanya dalam insiden saat latihan militer di Selandia Baru.

Wajib militer sudah diberlakukan di Singapura sejak negara itu berpisah dari Malaysia pada 1967 silam. Wajib militer diberlakukan khusus untuk semua warga negara laki-laki atau asing yang berstatus penduduk tetap dengan usia di atas 18 tahun.

(ita/ita)