6 Hari Hilang di Laut, Nelayan Malaysia Ditemukan Selamat

Kuala Lumpur – Seorang nelayan Malaysia yang hilang di lautan selama enam hari, akhirnya ditemukan selamat.

Aziz Jaffar Atahar, pria berumur 69 tahun itu hari ini ditemukan selamat di dekat pantai Kuala Sibuti, Sarawak utara, Malaysia setelah hilang di lautan selama enam hari dan terseret arus hingga sejauh 150 kilometer.

Nelayan tersebut tengah mencari ikan di perairan Laut China Selatan ketika hilang pada Senin (13/5) lalu. Keluarganya melapor ke polisi setelah kakek tersebut tidak kembali ke rumah.


Operasi pencarian dan penyelamatan pun dilakukan, dengan Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Sarawak, Unit Pertahanan Sipil dan Kepolisian Laut serta badan-badan maritim lainnya ikut serta dalam operasi tersebut.

Dia ditemukan pada Sabtu (18/5) sekitar pukul 09.30 waktu setempat, terombang-ambing di dekat pantai Kg Kuala Sibuti di distrik Sibuti.

Kepala Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Miri, Superintendent Law Poh Kiong mengatakan bahwa para nelayan Kuala Sibuti melihat Jaffar berada di kapalnya tak jauh dari pantai.

“Dia ditemukan dalam kondisi baik di kapalnya oleh para nelayan Kuala Sibuti, yang menariknya ke darat,” ujar Law seperti dilansir media The Star, Sabtu (18/5/2019).

“Dia mengatakan kepada para penyelamatnya bahwa dia terseret jauh ke laut dalam setelah mesin kapalnya rusak,” imbuh Law.

“Dia terbawa oleh ombak yang kuat hingga semakin jauh dan jauh ke Laut China Selatan selama beberapa hari terakhir,” tuturnya.

“Hari ini perahunya terbawa ombak dan berakhir di perairan Kuala Sibuti,” tandas Law.

(ita/ita)