4 Turis AS dan Pilot Tewas dalam Kecelakaan Helikopter di Kenya

Nairobi – Empat turis Amerika Serikat dan seorang pilot asal Kenya tewas ketika helikopter mereka jatuh di sebuah pulau terpencil yang berada di tengah sebuah danau di Kenya.

Kecelakaan tragis itu terjadi di Taman Nasional Central Island di Danau Turkana pada Minggu (3/3) malam waktu setempat.

“Ada lima orang di dalamnya, empat orang di antaranya warga negara AS dan pilot, Kapten Marious Magonga,” demikian disampaikan Otoritas Aviasi Sipil Kenya dalam statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (4/3/2019).

Magonga sendiri merupakan pemilik helikopter tersebut. Dia juga menjadi pilot untuk Wakil Presiden Kenya, William Ruto.

Dalam statemennya, Otoritas Aviasi Sipil Kenya menyatakan bahwa helikopter tersebut hilang kontak dan jatuh tak lama setelah lepas landas.

Tim penyelamat menemukan bangkai helikopter sekitar tujuh jam kemudian dengan tanpa seorang pun yang selamat.

“Penyebab insiden ini belum diketahui dan rincian para korban meninggal akan dirilis setelah keluarga terdekat diberitahu,” kata kepolisian dalam sebuah pernyataan.

Dikenal sebagai Laut Jade, Danau Turkana, adalah danau paling asin di Afrika Timur, yang merupakan danau padang pasir terbesar di dunia, dan tempat wisata yang populer.

Danau ini menjadi tempat persinggahan penting bagi burung-burung yang bermigrasi dan pulau-pulau di danau tersebut menjadi tempat berkembang biaknya buaya Nil, kuda nil, dan beberapa spesies ular.

Tahun lalu, Unesco memasukkan Turkana dalam daftar Situs Warisan Dunia yang terancam punah terkait pembangunan bendungan pembangkit listrik tenaga air Ethiopia di Sungai Omo, salah satu pemasok air.
(ita/ita)