19 Warga Palestina Terluka Akibat Tembakan Tentara Israel di Gaza

Gaza – Sebanyak 19 warga Palestina terluka dalam bentrokan dengan pasukan Israel di wilayah Jalur Gaza bagian utara. Seorang tentara Israel juga terluka dalam insiden tersebut.

Kementerian Kesehatan Hamas di Gaza menyatakan, 19 warga Palestina terluka akibat terkena tembakan peluru timah panas yang dilepaskan tentara-tentara Israel saat bentrokan yang terjadi pada Minggu (17/2) waktu setempat.

Militer Israel menyatakan, seorang tentaranya juga terluka dalam bentrokan yang terjadi saat aksi-aksi demo warga Palestina itu. “Prajurit IDF (Israel Defence Forces) terluka ketika sebuah bahan peledak dilemparkan selama kerusuhan Gaza di pagar perbatasan Israel,” demikian disampaikan militer Israel dalam cuitan di Twitter seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (18/2/2019).


Dalam setahun terakhir ini, warga Palestina telah menggelar aksi-aksi demo di sepanjang perbatasan Gaza, setidaknya setiap minggu. Aksi-aksi demo itu kerap diwarnai bentrokan dengan pasukan Israel.
Aksi-aksi demo itu dilakukan warga Palestina untuk menuntut agar mereka bisa kembali ke rumah-rumah yang mereka tinggalkan saat aneksasi Israel pada tahun 1948. Dalam aksinya, para demonstran juga menyerukan berakhirnya blokade Israel atas Gaza yang telah berlangsung bertahun-tahun.

Setidaknya 250 warga Palestina telah tewas akibat tembakan pasukan Israel di Gaza sejak 30 Maret 2018 lalu. Sebagian besar tewas tertembak saat aksi-aksi demo warga Palestina, sebagian lainnya tewas akibat tembakan tank tempur dan serangan-serangan udara.

Dua tentara Israel juga tewas selama kurun waktu yang sama.
(ita/ita)