14 Misi Diplomatik Asing di Australia Dikirimi Paket Mencurigakan

Melbourne – Sejumlah paket mencurigakan dikirimkan ke sedikitnya 14 misi diplomatik seperti kedutaan dan konsulat asing di ibu kota Canbera dan kota Melbourne. Kepolisian Australia sedang menyelidiki paket-paket mencurigakan itu.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (9/1/2019), sejumlah pejabat menyebut misi diplomatik Amerika Serikat (AS) dan Inggris juga ikut mendapat kiriman paket mencurigakan. Sejauh ini belum ada laporan korban luka akibat paket mencurigakan ini.

“Paket-paket itu sedang diperiksa oleh otoritas darurat yang menanganinya,” demikian pernyataan singkat Kepolisian Federal Australia (AFP).

“Situasi di sekitar insiden ini masih diselidiki,” imbuh pernyataan itu.
Pihak kepolisian belum menyebutkan secara detail kedutaan atau konsulat mana saja yang dikirimi paket mencurigakan. Namun sejumlah media Australia melaporkan bahwa misi diplomatik yang dikirimi paket mencurigakan termasuk Inggris, Selandia Baru, India, Jepang, Pakistan, Korea Selatan (Korsel), Jerman, Yunani, Spanyol, Seychelles, Swiss, Kroasia dan Mesir.

Secara terpisah, sejumlah pejabat Konsulat AS dan Inggris mengonfirmasi adanya paket mencurigakan yang mereka terima.

“Kami menangani paket itu sesuai prosedur standar kami dan dalam koordinasi erat dengan otoritas lokal … yang sedang menyelidiki insiden itu,” ucap seorang juru bicara Konsulat AS yang tidak disebut namanya.

Media-media Australia awalnya melaporkan bahwa paket-paket mencurigakan itu dikirimkan ke sedikitnya sembilan misi diplomatik asing di Melbourne, yang merupakan kota terbesar kedua di Australia. Foto-foto yang diambil oleh media lokal 9News menunjukkan para petugas pemadam dan paramedis sedang mendatangi misi diplomatik India dan AS di Melbourne.

(nvc/ita)